Satu Abad Sudah Brasil-Argentina Menjadi Rival

0
103

satu-abad-sudah-brasil-argentina-menjadi-rival-min

Brasil-Argentina sudah menjadi rival dari 102 tahun yang lalu

Jakarta, bolakini.net – Brasil-Argentina akan bertemu pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL pada Jumat, 11 November 2016 pagi hari nanti. Pada pertandingan tersebut ada satu hal yang perlu kita ketahui. Hal itu adalah mengenai persaingan kedua negara tersebut yang ternyata sudah berjalan sangat lama.

Dengan digelarnya pertandingan kedua negara pada esok pagi, maka tercatat pertandingan tersebut menjadi pertandingan yang ke-103 untuk kedua tim. Dan juga, Brasil dan Argentina hingga saat ini maka telah menjadi rival selama 102 tahun. Dimana persaingan pertama kali mereka terjadi pada tahun 1914.

Persaingan pertama kalinya mereka itu dilangsungkan di Buenos Aires yang merupakan markas dari Argentina. Hasil akhir dari pertandingan tersebut dimenangkan oleh Argentina dengan skor 3-0. Setelah pertandingan tersebut, kedua tim kemudian kembali bersaing sebanyakan puluhan pertandingan di semua ajang sepakbola.

Brasil dan juga Argentina merupakan kekuatan inti di Amerika Selatan serta dunia dalam hal sepakbola. Karena keduanya selalu saja mampu melahirkan pemain-pemain terbaik dalam hal dunia sepakbola.

Rangkuman dari persaingan Brasil-Argentina

Total Brasil dan Argentina telah menjadi 102 pertandingan. Dari keseluruhan tersebut Brasil ungguli Argentina namun hanya berbeda tipis. Dimana Brasil meraih kemenangan sebanyak 39 sedangkan Argentina hanyalah 37 saja dan 26 pertemuan lainnya berhasil imbang. Hal yang uniknya lagi ialah kedua tim memiliki jumlah gol yang sama dari total pertemuan mereka yaitu sebanyak 159.

Dalam hal pemain juga mereka memiliki dua pemain legendaris yang dijadikan persaingan juga dalam sorotan. Kedua pemain tersebut ialah Pele dan Diego Maradona dimana keduanya juga telah dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Maradona menjadi pahlawan ketika ia berhasil mengantarkan Argentina juara pada Piala Dunia 1986. Namun sayangnya ia tidak mampu membuat banyak hal setiap kali bertemu dengan Brasil. Total catatan Maradona saat menghadapi Brasil, ia hanya mampu mencetakan 1 gol dari 5 laga yang telah ia jalani.

Sementara untuk Pele justru memiliki nilai lebih dari Maradona. Pele yang telah dijadikan legenda hidup sepakbola Brasil memiliki rekor positif ketika menghadapi Argentina. Total ia telah menghadapi Argentina sebanyak 10 pertandingan dan telah berhasil mencetakan 8 gol dengan satu kali hat-trick pada 1963 lalu. Ia juga menjadi pemain dengan pencetak gol terbanyak ke gawang Argentina.

Untuk persaingan trofi dari kedua negara tersebut, mereka sama-sama memiliki keunggulan jumlah trofi. Brasil unggul dalam pencapaian trofi Piala Dunia, dimana Brasil telah berhasil kumpulkan 5 trofi sementara Argentina hanya 2. Untuk trofi Copa America, Argentina-lah yang lebih unggul dengan catatan 14 trofi dan Brasil baru 8 trofi. Brasil juga sudah mengoleksi 4 trofi Piala Confederasi dan Argentina baru memiliki 1 trofi saja.

Comments

comments

NO COMMENTS