FIFA Puskas Award 2016 Milik Pemain Asia

0
128

fifa-puskas-award-2016-milik-pemain-asia-min

Mohd Faiz Subri asal Malaysia menangi penghargaan FIFA Puskas Award 2016

Zurich, bolakini.net – Untuk pertama kalinya, penghargaan FIFA Puskas Award 2016 diraih oleh seorang pemain Asia. Penghargaan untuk gol terbaik itu dibawa pulang oleh pemain Malaysia, Mohd Faiz Subri.

Faiz meraih FIFA Puskas Award 2016 berkat gol spektakuler yang dia ciptakan pada laga Liga Super Malaysia antara Penang FA dan Pahang FA, 16 Februari 2016 silam. Pesepakbola yang kini berusia 29 tahun itu menjebol gawang Pahang lewat sebuah tendangan bebas yang mencengangkan.

Bola tembakan Faiz awalnya terlihat akan mengarah ke tiang dekat. Namun, si kulit bundar berbelok tajam di udara dan akhirnya menyasar tiang jauh. Kiper lawan yang bingung pun tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Setelah namanya diumumkan sebagai peraih FIFA Puskas Award 2016, Faiz naik ke panggung dalam acara The Best FIFA Football Awards di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017). Dia kemudian membuka ponselnya dan terlihat mencari sesuatu. Butuh waktu cukup lama sebelum Faiz akhirnya bicara.

“Jujur saja, tak pernah terlintas di pikiran saya bahwa saya akan berada di level ini dan bisa berdiri bersama pemain-pemain kelas dunia,” aku Faiz.

“Saya ingin berterima kasih kepada tim saya, pelatih saya, keluarga saya, ayah dan ibu saya, dan semua orang yang memilih saya. Terima kasih banyak,” katanya seperti dikutip Soccerway.

Faiz berhak membawa pulang penghargaan setelah mendapatkan suara terbanyak dalam voting online di situs resmi FIFA. Dia mendapatkan suara 59,46%, jauh di atas dua pesaingnya, yaitu Marlone (22,86%) dan Daniuska Rodriguez (10,01%).

Marlone jadi salah satu kandidat berkat gol akrobatik yang dia ciptakan untuk Corinthians ke gawang Cobresal. Sementara itu, Rodriguez mencetak gol untuk Venezuela melalui aksi individu menawan dalam Kejuaraan Sepakbola Wanita Amerika Selatan U-17.

Gol-gol yang diadu untuk penghargaan FIFA Puskas Award 2016 adalah gol-gol yang tercipta pada 30 September 2015 hingga 30 September 2016. Awalnya ada 10 kandidat, yang kemudian dipangkas menjadi tiga finalis.

Comments

comments

NO COMMENTS