Jelang Semifinal Piala Africa 2017, Gabon

0
143

Jelang Semifinal Piala Africa 2017, Gabon

Gabon, bolakini.net – Piala Afrika 2017 sudah sampai ke semifinal. Tinggal Burkina Faso, Mesir, Kamerun, dan Ghana sebagai empat tim terakhir yang akan berebut jadi raja Afrika.

Dari empat negara yang melaju ke semifinal tersebut, Burkina Faso menjadi satu-satunya tim yang belum pernah juara. Dari 29 perhelatan Piala Afrika, Les Etalons — The Stallions — bahkan baru lolos tiga kali dari fase grup.

Pun begitu, pada 2013 lalu Burkina Faso juga pernah membuat kejutan seperti kali ini, bahkan lebih. Di Afrika Selatan ketika itu, Burkina Faso menembus final dan jadi runner-up setelah kalah 0-1 dari Nigeria. Tahun ini, di bawah arahan pelatih Paulo Duarte, Burkina Faso bakal berusaha melampaui pencapaian tersebut.

Duarte akan memaksimalkan pemain-pemainnya, yang di antaranya memiliki pemain andalan macam Bakary Kone, yang terdaftar sebagai pemain Malaga dan pemain Toulouse Steeve Yago di lini belakang. Sedangkan di serang ada Bertrand Traore, pemain Chelsea yang saat ini sedang menjalani masa pinjaman di Ajax Amsterdam.

Hanya Burkina Faso Yang Belum Pernah Juara

Upaya Burkina Faso menembus final tidak akan berjalan mudah. Mereka dihadang Mesir, juara tujuh kali di gelaran Piala Afrika — tim tersukses di turnamen tersebut.

Ini merupakan penampilan pertama The Pharaohs setelah absen di tahun 2012, 2013, dan 2015 karena kondisi politik di Tanah Air. Pelatih Hector Cuper jadi andalan Mesir unjuk gigi lagi.

Punya nama besar, Mesir pun datang ke turnamen ini dengan sejumlah pemain top. Sebut saja Mohamed Salah, Mohamed Elneny, dan Ali Gabr merupakan pemain kunci di tiap-tiap lini.

Di partai semifinal lain ada dua tim top, Ghana dan Kamerun, yang bakal saling bersaing memperebutkan tiket final. Ini merupakan duel antara tim yang masing-masing punya empat trofi Piala Afrika — terbanyak setelah Mesir.

Dua tahun lalu Ghana dikandaskan Pantai Gading di final. Tahun ini Black Stars akan kembali berusaha menambah koleksi gelar juara, salah satunya bermodalkan pemain macam Baba Rahman, Afriyie Acquah, Andre Ayew, dan Asamoah Gyan, pemain-pemain yang sudah relatif punya nama di persepakbolaan Eropa.

Akan tetapi, untuk urusan itu Kamerun pun tidak kalah. Dari 23 pemain The Indomitable Lions, 19 di antaranya merumput di klub-klub Eropa. Apalagi Kamerun maju ke semifinal usai mengalahkan Senegal, salah satu tim favorit.

Pertandingan semifinal akan dilangsungkan pada tanggal 1 (Burkina Faso vs Mesir) dan 2 Februari (Kamerun vs Ghana) mendatang. Pemenangnya berduel di final pada tanggal 5 Februari di Stade de l’Amitie, Libreville.

Comments

comments

NO COMMENTS