Liga Champions Asia di Kejutkan Oleh Chan Yuen-ting

0
91

Liga Champions Asia di Kejutkan Oleh Chan Yuen-ting-min

Guangzhou, bolakini.net – Musim lalu, Chan Yuen-ting mencatatkan namanya di papan sejarah sebagai pelatih wanita yang menangani tim sepakbola pria. Chan sebelumnya hanyalah seorang assisten pelatih dari klub asal Hongkong yaitu Eastern Sports Club yang kemudian naik menjadi pelatih kepala.

Naiknya jabatan Chan itu langsung ia bayarkan dengan memberikan trofi Hong Kong Premier League. Dengan kesuksesannya itu menjadikan klubnya sebagai juara liga, membuat ia mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records. Penghargaan yang ia dapatkan masuk dalam kategori pelatih wanita yang sukses memberikan trofi untik tim sepakbola putra.

Chan mulai menangani Eastern SC pada 2015 lalu dan dari total catatan kepemimpinannya ia hanya baru menelan kekalahan satu kali dari total 15 pertandingan yang dijalani. Dalam liga tingkat atas di Hongkong itu, Chan menjadi satu-satunya pelatih wanita dan yang pertama kalinya.

Peter Leung Shou-chi yang merupakan pemimpin eksekutif untuk klub tersebut mengatakan pada South China Morning Post bahwa ia tidak tahu mengapa menunjuk Chan sebagai pelatih utama. Penunjukan pada Chan itu dilakukan manajemen klub pada pertengahan musim lalu.

Chan Yuen-ting jadi bahan pembicaraan di Liga Champions Asia

Perjalanan Chan tidak sampai pada liga saja dan juga penghargaan Guinness yang ia raih. Saat ini ia tengah menjadi topik yang sangat hangat untuk dibicarakan banyak orang dalam ajang Liga Champions Asia.

Kini ia juga telah mencatatkan sejarah sebagai pelatih wanita pertama yang bersaing di Liga Champions Asia bersama Eastern SC itu. Tepatnya pada Rabu, 22 Februari 2017 kemarin saat bertandang kemarkas Guangzhou Evergrande.

Chan menjalani momen bersejarahnya di Tianhe Stadium saat itu namun tidak berhasil memberikan akhir yang bisa membuat sejarah juga. Timnya harus mengakui keunggulan tuan rumah sepanjang pertandingan. Chan harus kehilangan satu pemainnya sejak menit ke-3 pada pertandingan tersebut dan menelan kekalahan 0-7.

Walaupun dipermalukan dengan skor telak tersebut namun ia tetap mendapatkan apresiasi dari pelatih lawan yaitu Luiz Felipe Scolari. Scolari yang pernah membawa Brazil memenangi trofi Piala Dunia mengatakan bahwa Chan tidak dapat dipandang sebelah mata. Chan telah memecahkan rekor selama dua tahun beruntun dan pastinya sangat ditunggu lagi kejutan darinya yang bersaing di ajang sepakbola pria.

Kepada Fox Sports Scolari mengatakan bahwa ia memberi Chan penghiburan usai pertandingan tersebut. Ia menjelaskan bahwa bukan hal mudah jika menjalani pertandingan dengan kehilangan dua pemain di awal laga.

 

Comments

comments

NO COMMENTS