RB Leipzig Belum Tentu Tampil di Liga Champions

0
67

RB Leipzig Belum Tentu Tampil di Liga Champions-min

Leipzig, bolakini.net –  RB Leipzig yang merupakan salah satu klub yang sangat di benci di Jerman telah memastikan tiket Liga Champions untuk musim depan. Namun ada kemungkinan Leipzig tidak bisa tampil dalam ajang paling bergengsi antar klub Eropa tersebut. Dikarenakan klub tersebut telah melanggar aturan dari UEFA.

Pada akhir pekan lalu Leipzig berhasil kembali memetik kemenangan dan menyakinkan posisi mereka di papan atas klasemen Bundesliga usai kalahkan SC Freiburg. Leipzig berhasil memetik kemenangan dengan skor 4-0 dan membuat mereka tetap kokoh berada di peringkat dua klasemen Bundesliga sementara.

Dengan total 61 poin yang telah mereka kumpulkan dari total 29 pertandingan yang mereka jalani membuat mereka mendapatkan tiket otomatis ke Liga Champions. Dikarenakan Bundesliga kini hanya menyisahkan lima pertandingan saja dan jika memang tampil buruk mereka tetap akan berada di posisi empat besar.

Namun klub yang berdiri pada tahun 2009 lalu itu masih diragukan untuk bisa tampil di ajang Liga Champions. Hal itu dikarenakan status kepemilikan klub yang dinyatakan melanggar aturan UEFA.

RB Leipzig dan Red Bull Salzburg dimiliki oleh perusahaan yang sama

Hal yang dilanggar Leipzig itu adalah mengenai “Integritas Kompetisi”. Dimana didalamnya tertulis bahwa tidak ada individu legal yang mempengaruhi lebih dari satu klub yang ikut partisipasi dalam kompetisi UEFA. Dalam kata lain UEFA melarang untuk dua klub atau lebih yang berada dalam satu organisasi ataupun sponsor yang sama terlibat dalam kompetisi yang sama.

Memang diketahui bahwa Leipzig adalah klub yang dimiliki oleh Red Bull yang merupakan perusahaan minuman berenergi asal Austria. Perusahan  tersebut memiliki satu klub lagi yaitu FC Red Bull Salzburg yang juga memastikan tiket Liga Champions dengan berada di puncak klasemen Liga Austria. Karena hal tersebutlah yang membuat Leipzig untuk tampil di Liga Champions itu masih diragukan.

Menurut salah satu pengacara sepakbola yaitu Thomas Dehesselles mengenai kemungkinan dari Leipzig tidak bisa tampil di Liga Champions ia benarkan. Hal itu dikarenakan bahwa antara Leipzig dan Salzburg nantinya akan berkompetisi di satu ajang. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya keduanya bisa saja bertemu dan hal itu bisa memunculkan keragu-raguan hukum. Serta juga memungkinan akan adanya bencana pada politik olahraga bila hal itu terjadi. Ungkapan Thomas juga dikutip oleh Deutsche Welle.

Dari pihak Red Bull tetap bersikeras bahwa Leipzig merupakan organisasi yang keduanya bersifat independen. Namun keterikatan kedua klub sudah sangat terlihat jelas diketahui oleh publik. Terlihat dari seragam yang kedua tim kenakan dimana mereka memiliki kesamaan dan juga logo yang hampir saja sangat mirip. Bahkan sempat Abdreas Ulmar yang merupakan pemain dari Slazburg memakai seragam Leipzig saat melakukan pertandingan. Serta posisi Ralf Rangnick yang musim ini menjabat sebagai direktur olahraga Leipzig, ia juga memiliki jabatan yang sama klub Salzburg.

Comments

comments

NO COMMENTS