Federasi Sepakbola Sudan Alami Nasib Seperti Indonesia

0
44

Federasi Sepakbola Sudan Alami Nasib Seperti Indonesia-min

Khartoum, bolakini.net – Federasi Sepakbola Sudan (SFA) resmi dibekukan FIFA per tanggal 1 Juli 2017. Kini imbasnya dirasakan klub-klubnya, yang terusir dari berbagai turnamen.

SFA dibekukan usai pemerintahnya melakukan intervensi terkait posisi ketua umum. Pada 2 Juni lalu, menteri hukum Sudah meminta Presiden SFA Mutasim Gafar Sir Elkhatim diganti dengan Abdel Rahman Sir Elkatim.

FIFA lantas memberikan peringatan terkait hal ini, hingga kemudian menjatuhkan hukuman pada 27 Juni lalu. Sanksi serupa dialami Indonesia dua tahun lalu.

Dilansir BBC, imbas pembekuan itu membuat tiga klub Sudan yakni Al Hilal, Al Merreikh, dan Al Hilal Obeid didiskualifikasi dari berbagai turnamen di Afrika. Al Hilal dan Al Merreikh didiskualifikasi dari Liga Champions Afrika, sementara Al Hilal Obeid digugurkan dari Piala Konfederasi.

Dibekukannya Federasi Sepakbola Sudan membuat seluruh klub Sudan didiskualifikasi dari dua kompetisi

“Klub Sudan yang berpartisipasi dalam kompetisi Antar Klub CAF telah didiskualifikasi menyusul keputusan FIFA membekukan Asosiasi Sepak Bola Sudan (SFA),” bunyi pernyataan SFA.

“Keputusan tersebut tertuang dalam sebuah surat tertanggal 6 Juli 2017 dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura.”

“Sesuai dengan Pasal 13 Statuta FIFA, SFA kehilangan semua hak keanggotaannya. Dan tim perwakilan dan klubnya tidak lagi berhak untuk mengikuti kompetisi internasional sampai penangguhan tersebut dicabut.”

“Sejalan dengan keputusan tersebut, ketiga klub Sudan, Al Hilal, Al Merreikh (Total CAF Champions League) dan Al Hilal Obeid (Total CAF Confederation Cup) didiskualifikasi dari dua kompetisi tersebut.”

Padahal, ketiganya sedang tampil bagus. Meski Al Hilal sudah tersingkir, tidak demikian dengan Al Merreikh yang berkesempatan lolos dari fase grup andai mengalahkan Etoile du Sahel (Tunisia).

Adapun Al Hilal Obeid justru sudah lolos ke putaran perempatfinal, namun posisinya kini digantikan Zesco United (Zambia).

Comments

comments

NO COMMENTS