Rampung Sudah Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno

0
32

Rampung Sudah Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno-min

Jakarta, bolakini.net – Akhirnya selesai juga renovasi dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang mulai dilakukan pada tahun 2016 lalu. Kini stadion yang menjadi kebanggaan untuk Indonesia itu telah siap untuk digunakan pada pertandingan timnas Indonesia melawan Islandia.

Pertandingan antara Indonesia dengan Islandia ini menjadi pertandingan perdana penggunaan SUGBK kembali setelah renovasi. Setelah memakan waktu 16 bulan untuk perbaikan SUGBK, akhirnya kini dapat digunakan kembali. Dan juga SUGBK nantinya akan digunakan untuk menyambut Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Perbaikan lapangan SUGBK itu diterangkan memakan biaya sebanyak 760 miliar rupiah dengan menggunakan biaya anggaran tahun 2016-2017. Biaya anggaran tersebut sudah disetujui oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Pak Jokowi (panggilan akrab Presiden RI) juga nantinya akan membuka penggunaan SUGBK kembali pada Minggu, 14 Januari 2018 nanti.

Dari Dirjen Cipta Karya PUPR yaitu Sri Hartoyo juga menyebutkan bahwa peresmian kembali SUGBK akan dilakukan pada 14 Januari 2018 nanti pada pukul 18:00 WIB. Setelah acara pembukaan tersebut kemudian akan dilanjutkan dengan pertandinga persahabatan internasional antara Indonesia melawan Islandia.

Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno setelah renovasi adalah 76.152

Hartoyo menjelaskan SUGBK saat ini memiliki bangku tribun dengan single seat yang berjumlah 76.152, mulai dari umum juga difabel. Sementara untuk media ada 595 kursi. “Jadi untuk umum 73.479 kursi, difabel 132, kursi VIP 1.705 dan VVIP 221 kursi,” katanya menambahkan.

Untuk pertama kalinya, lanjut Hartoyo, masyarakat akan melihat megahnya Stadion Utama GBK setelah memiliki pencahayaan 35 ribu lux sesuai rekomendasi FIFA. Tak hanya itu, untuk kualitas rumput, dia memastikan bahwa rumput tersebut sudah berstandar internasional dan memiliki sistem drainase.

“Sehingga genangan air bisa dialirkan dengan cepat. Dilengkapi penyiram rumput lapangan secara otomatis dengan air hujan yang ditampung,” katanya.

Sementara itu Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, berharap penonton yang akan menyaksikan bisa tertib dan menjaga fasilitas Stadion Utama GBK dengan baik.

“Untuk acara peresmian PSSI dan PUPR akan terus mendetailkan rundownada kaitan dengan protokoler jadi masih menunggu. Yang jelas acara simpel peresmian di VVIP dan langsung bertanding. Kami tahu ini uji coba pertama jadi kami mohon partisipasi masyarakat menjaga fasilitas bersama ini,” ujar Tisha.

Comments

comments

NO COMMENTS